Sejumlah Kandidat Mendaftar di Parpol, Ini Langkah Bawaslu Manado

  • Whatsapp
Humas Bawaslu Manado, Taufik Bilfaqih SSosI MSi.

Manado, DetikManado.com – Sejumlah kandidar Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado mulai mendaftarkan diri melalui beberapa partai politik. Sebut saja tokoh popolus Jimmy Rimba Rogi, Rio Permana Mandagi, dan kandidat lainnya. Bagaimana pihak Bawaslu Kota Manado menyikapi ini?

Berdasarkan wawancara DetikManado.com pada, Senin (18/11/2019), Humas Bawaslu Manado, Taufik Bilfaqih SSosI MSi membenarkan bahwa saat ini memang beberapa calon mulai mendaftar di partai politik.

Bacaan Lainnya

“Partai politik kan punya mekanisme sendiri untuk proses perekrutan calonnya, jadi nanti setelah berkasnya masuk di KPU, baru kita Bawaslu melakukan pengawasan,” ujarnya di Kantor Bawaslu Manado.

Bilfaqih mengatakan, meski demikian sedari awal memang Bawaslu sudah melakukan semacam cross check bagi mereka yang namanya menguat, supaya begitu mereka sudah resmi di masuk datanya di KPU, pihaknya sudah punya track record masing-masing kandidat.

Di samping itu di pihak KPU sendiri sedang dalam proses penerimaan calon independent. “Jadi bagi calon independent yang sudah masuk berkasnya di KPU, kita akan lakukan verifikasi lagi apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jadi kerja KPU kita awasi,” ujarnya. (tr-01)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *