SMKN 6 Manado Menggelar IHT Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan

IHT Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan yang digelar oleh SMKN 6 Manado pada, Selasa – Kamis (9-11/7/2024).

Manado, DetikManado.com – Berbagai terobosan terus dilakukan SMKN 6 Manado untuk mengembangkan sekolah itu. Kali ini dilaksanakan In House Training (IHT) Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP), dan Inovasi Pembelajaran yang digelar pada, Selasa – Kamis (9-11/7/2024).

Kepala SMKN 6 Manado Altje Salele SPd MPd langsung menjadi pemateri pada hari pertama dan kedua, sedangkan untuk hari ketiga akan menghadirkan Pengawas Sekolah.

Bacaan Lainnya

Dalam materinya pada hari pertama IHT, Selasa (9/7/2024), Altje Salele mengungkapkan, Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 mengatur tentang penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP). Ini berfokus pada pengembangan kurikulum secara mandiri oleh setiap satuan pendidikan.

“Penyusunan KSP harus mempertimbangkan konteks lokal, potensi, kebutuhan peserta didik, serta visi dan misi satuan pendidikan,” tuturnya.

Dia memaparkan, proses penyusunan KSP melibatkan berbagai pihak, termasuk guru, kepala sekolah, dan komite sekolah, dengan tujuan untuk meningkatkan relevansi dan kualitas pendidikan. KSP yang disusun harus memuat komponen-komponen utama pendidikan.

Kurikulum Satuan Pendidikan sesuai dengan Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 ini memiliki beberapa komponen utama yang harus disertakan,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, kompoten itu mencakup yang pertama Tujuan Pendidikan, yakni merumuskan Tujuan Pendidikan yang ingin dicapai sesuai dengan visi dan misi satuan pendidikan.

Komponen kedua adalah Struktur Kurikulum. Ini mencakup menyusun mata pelajaran dan alokasi waktu per minggu, serta mempertimbangkan muatan lokal yang relevan dengan kebutuhan dan potensi daerah.

“Ketiga adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP. Dalam komponen ini menyusun rencana pembelajaran untuk setiap mata pelajaran, serta menyertakan metode dan strategi pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik,” papar Altje Salele.

Komentar Facebook

Pos terkait