Sulut Bakal Punya Jejaring Laboratorium Covid-19

  • Whatsapp
Sekretaris Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel.

Manado, DetikManado.com – Terkait penanganan Virus Corona Covid-19 yang membutuhkan kecepatan dalam pemberitahuan hasil sampel laboratorium, pemerintah berencana membangun sejumlah laboratorium di sejumlah provinsi di Indonesia.

Hal ini dikatakan tim Satgas Covid-19 Provinsi Sulut kepada awak media saat sesi jumpa pers terkait perkembangan terakhir virus tersebut, Jumat malam (20/03/2020).

Bacaan Lainnya

Sekretaris Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel menuturkan untuk lebih menenangkan masyarakat, agar supaya tidak panik dan bertanya-tanya kapan hasil dari sebuah pemeriksaan sampel di laboratorium. “Kita harus pahami bahwa teman-teman yang ada di laboratorium pusat penelitian dan pengembangan kementerian kesehatan sudah bekerja dengan sangat baik bahkan sampai 1X 24 jam,” ungkap Dandel.

Oleh karena itu, pemerintah akan mengembangkan jejaring laboratorium ini bahkan sampai di Sulut. “Hal ini akan ada pemberitahuan selanjutnya dari kami karena SK pengembangan sudah kami pegang dan tinggal kami koordinasikan,” bebernya.

Lanjutnya, di Sulut Ada beberapa kandidat laboratorium yang juga ke depan akan bisa memeriksa Covid-19 ini tetapi memerlukan persiapan. Karena menurutnya, membuka laboratorium Covid-19 tidak seperti membuka bangunan baru, karena yang paling utamanya adalah SDM harus tersedia. “Walaupun peralatan mungkin bisa diadakan lebih cepat, tetapi yang terutama kita perlu melatih SDM untuk siap. Ke depan itu yang akan kita upayakan,” pungkas Dandel. (ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *