Istilah ODP yang Sering Membuat Resah Masyarakat

  • Whatsapp
Sekretaris Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel.

Manado,DetikManado.com – Terkait istilah Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang membuat panik serta menimbulkan keresahan di tengah masyarakat, Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sulut memberikan penjelasannya.

Sekretaris Satgas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel menjelaskan bahwa ODP adalah mereka yang datang dari daerah terjangkit dan dikategorikan sebagai pelaku perjalanan dari daerah terjangkit.

Bacaan Lainnya

“Tetapi ketika mereka telah berada selama 4 hari di suatu daerah contohnya di Provinsi Sulut, maka mereka inilah yang disebut Orang Dalam Pemantauan,” jelas Dandel,Jumat (20/03/2020).

Lanjut Dandel, seperti diketahui bersama jumlah orang yang datang di Sulut baik melalui penerbangan maupun melalui jalur transportasi yang lain lumayan banyak.

 “Sehingga kemungkinan pelaku-pelaku ini sakit, oleh karenanya jumlah ODP seperti itu,” ungkapnya.

Dandel juga mengatakan ODP adalah istilah pengamatan pihaknya atau surveilans, karena di situlah mereka memperkuat sistem supaya bisa melacak semua orang yang ada riwayat perjalanan.

Dandel juga menambahkan, selain itu istilah ODP adalah sebagai penguji untuk dipantau secara rutin, ada dimana mereka ? Apa yang mereka patuh untuk isolasi di rumah atau tidak.

“Saya berharap dengan klarifikasi kami ini masyarakat tidak panik dan perlu diketahui jumlah ODP kita cuma ketambahan 20 orang,” tutup Dandel. (ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *