Upaya Bidokkes Polda Sulut Mencegah Covid -19

  • Whatsapp
Kabid Dokkes Polda Sulut Kombes Pol dr Freddy Worang.

Manado, DetikManado.com – Guna mencegah penyebaran virus corona, Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Sulut melakukan berbagai upaya preventif terkait virus yang telah mewabah di seluruh dunia.

Kabid Dokkes Polda Sulut Kombes Pol dr Freddy Worang mengatakan pihaknya sudah mengambil langkah-langkah pencegahan khususnya di internal Polda Sulut dan jajaran. “Beberapa upaya pencegahan yang kita lakukan terutama terhadap setiap anggota, salah satunya adalah pemeriksaan suhu badan dengan menggunakan thermal scanner,” kata dr Worang, Selasa (17/3/2020).

Bacaan Lainnya

Jika suhu lebih dari 38 derajat, yang bersangkutan harus kita lakukan pemeriksaan lanjutan serta pihaknya juga sudah membagikan masker dan hand sanitizer kepada para Satuan Kerja (Satker). “Selain itu kami juga melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan kerja,” tuturnya.

Termasuk juga sudah telah melakukan sosialisasi tentang antisipasi Covid-19, yaitu cara cuci tangan dan pemakaian masker yang benar. “Personil Bidang Dokkes dan Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Manado sudah siap memproteksi diri apabila ada pasien corona,” beber Worang.

Namun dalam hal perawatan, dia juga mengatakan akan mengirim ke rumah sakit rujukan, RSUP Kandou Malalayang, karena memiliki fasilitas layanan pasien corona yang lebih lengkap. “Masyarakat tidak usah terlalu panik namun tetap waspada dengan penyebaran virus tersebut,” imbaunya.

Selain itu, untuk penggunaan masker diwajibkan bagi mereka yang sedang sakit. Begitu juga di lokasi keramaian, masker disarankan digunakan oleh anak kecil maupun para lansia. “Etika batuk, sebaiknya tidak ditutup dengan telapak tangan melainkan dengan lengan bagian atas atau tutup dengan mengunakan tisu dan langsung dibuang,” terangnya.

Hal lain yang juga disarankan oleh Kabid Dokkes adalah sering mencuci tangan pakai sabun dan memiliki pola hidup sehat. “Pola hidup sehat itu bisa kita lakukan dengan istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dan berolahraga,” pungkas dr Worang. (ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *