Dampak Omnibus Law ke Paslon yang Diusung Partai Penguasa

  • Whatsapp
Akademisi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Ferry Daud Liando.

Manado,DetikManado- Akademisi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Ferry Daud Liando mengatakan Omnibus Law tidak akan berpengaruh di pemilihan nanti, apalagi kepada calon yang diusung oleh partai penguasa.

Dosen Tata Kelola Kepemiluan Fisip Unsrat itu menjelaskan, tidak ada pengaruh karena UU Cipta Kerja dibahas dan ditetapkan oleh DPR RI. Keanggotaan DPR RI terdiri dari banyak parpol, dan parpol itu memiliki calon masing-masing di Pilkada.

Bacaan Lainnya

“Perilaku pemilih di daera ini cenderung pragmatis dan emosional, pemilih pragmatis akan memilih karena imbalan atau hadiah uang dari calon,” jelasnya.

Ia menambahkan, sedangkan pemilih emosional adalah  pemilih yang akan memilih calon yang memiliki kesamaan identitas atau aliran, biasanya karena kesamaan agama, kesamaan etnik atau kekerabatan.

“Jika perilaku pemilih didominasi oleh pemilih rasional, maka kontroversi UU cipta kerja akan berpengaruh pada pilihan, namun demikian perilaku pemilih seperti ini di Sulut populasinya terbatas,” tutup Ferry. (tr-01)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar