Disdukcapil Manado Pastikan Tak Akan Kehabisan Blanko e-KTP Tahun Ini

  • Whatsapp
Oehlers memastikan tidak akan pernah kekurangan blanko e-KTP untuk Tahun 2020.

Manado, DetikManado.com –  Terkait penyediaan 16 juta blanko e-KTP untuk tahun 2020, oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri), Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Manado Julises Oehlers, angkat bicara.

Menurutnya untuk tahun 2020 ini, Disdukcapil memastikan tidak akan pernah kekurangan blanko e-KTP. Namun penyalurannya ada yang diprioritaskan. “Yaitu masyarakat yang berstatus Print Ready Record (PRR), perubahan elemen data, dan hilang karena bencana alam,” tegas Julises, Senin (17/02/2020).

Bacaan Lainnya

Lanjut Julises, untuk yang hilang sudah lebih dari 2 kali, tidak akan dilakukan pencetakan. Namun hanya diberikan surat keterangan yang nilainya sama dengan KTP elektronik, sambil menunggu petunjuk lebih lanjut dari pusat. “Karena tiga prioritas di atas dapat kita prediksikan, namun hilang atau rusak tak dapat kita prediksi,” terangnya.

Dia menambahkan, semua riwayat pencetakan tercatat di sistem Disdukcapil yang berlaku sama secara nasional. Untuk masyarakat yang memegang e-KTP yang ada masa berlakunya, itu sudah berlaku seumur hidup. “Walau masa berlaku sudah lewat tetap berlaku seumur hidup,” ujarnya.

Dia menambahkan, Disdukcapil juga akan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, sesuai kebutuhan masyarakat,” tutup Julises. (fiq)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *