Sejumlah SMA Negeri di Sulut Gagal Lolos ke OSN Tingkat Nasional

kegiatan program pembimbingan Olimpiade Sains Provinsi (OSP) tahun 2023 jenjang SMA di di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulut, Senin (15/05/2023).

Manado, DetikManado.com – Upaya Pemprov Sulut melalui Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) untuk menggenjot prestasi siswa termasuk di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) belum mencapai hasil optimal. Sejumlah sekolah favorit bahkan tak mampu menembus OSN tingkat Nasional.

Berdasarkan data yang diperoleh, dari 9 mata pelajaran yang dilombakan, ada 7 SMA yang berhasil mengutus siswanya bertarung di OSN tingkat Nasional. 9 mata pelajaran itu adalah Astronomi, Biologi, Ekonomi Fisika, Geograsi, Informatika/Komputer, Kebumian, Kimia dan Matematika.

Bacaan Lainnya

Sekolah yang berhasil mengutus siswanya ke OSN tingkat Nasional adalah SMA Kristen Eben Haezer Manado, SMA Lokon St Nikolaus Tomohon, SMAS Don Bosco Manado, SMAN 1 Tagulandang, SMAN 9 Manado, SMA Manado Independent School, dan SMAN 2 Bitung.

Sedangkan sejumlah sekolah favorit yang diunggulkan untuk meraih prestasi itu justru terlempar dari persaingan seperti SMAN 1 Manado, SMAN 1 Bitung, SMAN 1 Tomohon, SMAN 7 Manado dan SMAN 8 Manado. Padahal menurut informasi, beberapa sekolah seperti SMAN 1 Manado bahkan sudah menggunakan jasa dengan membayar Lembaga Olimpiade Indonesia (LOPI) agar bisa meraih prestasi di OSN.

Komentar Facebook

Pos terkait