Soal Piala Dunia U-20 2023, Jokowi: Jangan Campur Aduk Olahraga dengan Politik

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa keikutsertaan Timnas Israel dalam ajang olahraga tersebut tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina. (Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Jakarta, DetikManado.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara terkait polemik keikutsertaan Tim Nasional (Timnas) Israel dalam ajang Piala Dunia U-20. Sejumlah pihak menolak kedatangan Timnas Israel U-20 membuat FIFA membatalkan drawing atau pengundian grup Piala Dunia U-20 yang sedianya digelar di Bali pada Jumat (31/3/2023) pekan ini.

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi menegaskan bahwa keikutsertaan Timnas Israel dalam ajang olahraga tersebut tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina.

Bacaan Lainnya

“Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina, karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat,” ujar dia dalam keterangannya di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (28/3/2023).

Jokowi menyebut, FIFA memiliki aturan yang harus ditaati. Oleh karena itu, tegas dia agar tidak mencampuradukkan urusan olahraga dan politik.

Komentar Facebook

Pos terkait