193 dibaca

Seminar Membangun Dialog Yahudi dan Islam di IAIN Manado

  • Whatsapp
Seminar internasional di IAIN Manado yang membahas tentang Yahudi dan Islam

Manado,DetikManado.com – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado menggelar seminar internasional yang berlangsung di Gedung Terpadu Lantai 5 IAIN Manado, Kamis (11/07/2019).

Acara yang dipandu moderator Ali Amin MA ini menghadirkan pembicara yaitu Prof Alan Brill PhD dan Rektor IAIN Manado Delmus P Salim PhD. Kedua pembicara ini memiliki pengalaman perjumpaan lintas iman dan juga berlatar belakang akademisi sekaligus tokoh agama yang memiliki jam terbang internasional.

Muat Lebih

Delmus membuka acara itu dan menyampaikan selamat kepada Prof Alan yang datang dari Amerika.

Alan terlebih dahulu menjelaskan perbedaan Yahudi dan Muslim termasuk dalam system hukum hukumnya. Dia juga menyinggung tentang kedua agama yang merupakan agama-agama Ibrahim dan budaya Semit. “Penjelasan Islam yang ditemukan dalam Quran dan kode hukum Yahudi yang ditemukan di dalam Taurat dan dijelaskan dalam Talmud,” jelasnya.

Selanjutnya di sesi kedua Delmus menjelaskan tentang Yahudi dan Islam adalah dua agama yang berasal dari akar tradisi yang sama, yakni Abrahamic religion. Islam dan Yahudi adalah dua agama yang sering disalahpahami dewasa ini. Islam dan Yahudi sering diberi label sebagai agama yang pro kekerasan di mana Islam diidentikkan sebagai agama teroris dan Yahudi diidentikkan sebagai agama yang pro terhadap penjajahan Palestina.

Karena itu, muncullah istilah Islamophobia dan juga Anti Semitisme di berbagai belahan dunia.”Sebagai institusi yang konsen terhadap isu multikultural, menginisiasi dialog antara Islam dan Yahudi melalui kegiatan seminar internasional adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh IAIN Manado,” ujar Delmus.

Acara seminar internasional ini dihadiri ratusan mahasiswa serta para dekan fakultas yang ada di IAIN Manado.(tr-02)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *