Final Piala FA: Manchester City vs Manchester United, Simak Statistik Berikut

Marcus Rashford dari Manchester United dan Rodrigo dari Manchester City bisa bertemu lagi pada Sabtu (3/6/2023) di final Piala FA. (Foto:thefa.com)

Manchester City belum kebobolan satu gol pun di FA Cup musim ini. Di era Football League (sejak 1888-89), hanya dua tim yang memenangkan trofi tanpa kebobolan – Preston North End pada 1889 dan Bury pada 1903.

Manchester City adalah pencetak gol terbanyak di Piala FA musim ini (putaran pertama dan seterusnya) dengan 17 gol. Tim terakhir yang mencetak lebih banyak gol dalam satu musim adalah The Citizens sendiri, mencetak 26 gol dalam perjalanan untuk mengangkat trofi pada 2019.

Bacaan Lainnya

Setelah menang 3-1 di setiap babak dari babak ketiga hingga perempat final Piala FA musim ini, Manchester United mencapai final dengan mengalahkan Brighton melalui adu penalti setelah bermain imbang 0-0. Belum pernah ada tim yang terlibat adu penalti di semifinal dan final dalam kampanye Piala FA yang sama sebelumnya.

Bos Manchester United Erik ten Hag akan menjadi manajer Belanda keempat yang berbeda yang memimpin tim di Final Piala FA, setelah Ruud Gullit (W1 L1), Guus Hiddink (W1) dan Louis van Gaal (W1).

Manajer Spanyol telah empat kali memenangkan Piala FA – Rafael Benítez bersama Liverpool pada 2006, Roberto Martínez bersama Wigan pada 2013, Mikel Arteta bersama Arsenal pada 2020, dan Pep Guardiola dari Manchester City pada 2019. Satu-satunya manajer Spanyol yang kalah di final Piala FA adalah Javier Gracia bersama Watford, yang kalah dari rekan senegaranya Guardiola pada 2019.

Dalam kemenangan 3-0 di semifinal atas Sheffield United, Riyad Mahrez menjadi pemain Manchester City pertama yang mencetak hat-trick di Stadion Wembley. Secara keseluruhan dia mencetak empat gol di Wembley untuk City, dengan hanya Sergio Agüero yang mencetak gol lebih banyak untuk Citizens di lapangan (6).

Marcus Rashford dan Casemiro mencetak gol untuk Manchester United dalam kemenangan final Piala Liga melawan Newcastle. Ada lima pemain yang mencetak gol di kedua final piala domestik utama untuk Setan Merah – Norman Whiteside, Mark Hughes, Brian McClair, Cristiano Ronaldo dan Jesse Lingard.

Erling Haaland telah mencetak 52 gol di semua kompetisi untuk Manchester City sejauh musim ini – dia bisa menjadi pemain Norwegia pertama yang mencetak gol di Final Piala FA.

Kevin De Bruyne adalah satu-satunya pemain Manchester City yang mencetak gol dalam kemenangan 6-0 di final Piala FA atas Watford pada 2019 yang masih bertahan di klub. Dia bisa menjadi pemain kedua yang mencetak gol di dua Final Piala FA yang berbeda untuk klub, setelah Bobby Johnstone (1955 dan 1956).

Sejak debutnya di Piala FA untuk klub pada tahun 2019, Riyad Mahrez telah mencetak lebih banyak gol di kompetisi ini dibandingkan pemain lainnya (11). Dia mencetak lima gol musim ini – terakhir kali pemain Manchester City mencetak lebih banyak gol dalam satu musim adalah pada 1933-34 atas nama Fred Tilson dengan 9 gol. (Yoseph Ikanubun)

Komentar Facebook

Pos terkait