Kritisi Real Count KPU, Calon Anggota DPD RI Bakal Demo di Kantor KPU Sulut

Abid Takalamingan (kiri), calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI 2024 Dapil Sulut mendesak KPU untuk menghentikan real count. (Foto: Yoseph Ikanubun/DetikManado.com)

Manado, DetikManado.com – Abid Takalamingan, calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI 2024 Dapil Sulut mengkritisi real count yang diunggah di website Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dia menilai data yang ditampilkan tidak valid.

bahkan Abid Takalamingan mengatakan, real count atau penghitungan suara berdasarkan data yang diperoleh dari dokumen Formulir Model C1 Plano (catatan hasil penghitungan perolehan suara Pemilu) di TPS yang dimuat di server KPU melalui Sirekap itu, merugikan dirinya.

Bacaan Lainnya

“Pada real count KPU ditemukan banyak kejanggalan. Hal ini pun akan mempengaruhi opini publik jika tidak segera ditindaklanjuti,” ujarnya, Jumat (16/2/2024).

Dia mengatakan, pihaknya melihat di real count itu ada banyak kejanggalan, di mana rekapitulasi C1 form resmi menurut konstitusi itu tidak menjadi alat untuk mengukur data atau informasi mereka.

Dalam kurun waktu sejam tim IT pihaknya telah menemukan kurang lebih 20 kasus, misalnya ada TPS yang memiliki jumlah mencapai 3.000 suara.

Komentar Facebook

Pos terkait