Pesan Mendikbud di Penutupan OSN Tahun 2019

Acara penutupan ini dihadiri langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendi.

Manado,DetikManado.com – Ajang kompetisi bergengsi di dunia pendidikan Indonesia yaitu Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2019 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) resmi ditutup.

Acara penutupan ini dihadiri langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud)  RI Muhadjir Effendi dan Gubernur Sulut yang diwakili oleh Sekprov Edwin Silangen, bertempat di aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Jumat (05/07/2019) pagi.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Mendikbud mengapresiasi pelaksanaan OSN yang dilaksanakan di Sulut. “Atas nama pemerintah RI mengucapkan terima kasih kepada Provinsi Sulut yang ikut mendukung kegiatan OSN 2019,”ujarnya.

Mendikbud juga mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang sudah berjuang dalam pelaksanaan OSN tahun 2019. “Kalian semua luar biasa. Karena kalian yang sudah sampai di sini itu telah melalui proses seleksi yang ketat di daerah masing-masing,”jelasnya.

Lanjutnya, di sini hanyalah sekedar untuk mengukuhkan bahwa para peserta sebenarnya adalah juara.Tetapi juara sebetulnya adalah momen yang bisa dirasakan oleh semua para peserta. Peristiwa ini bukan segala – segalanya. “Perjalanan kalian masih panjang untuk mentahbiskan diri, apakah betul kamu semua nanti akan menjadi ahli sains -sanis atau menjadi ilmuwan – ilmuwan yang bisa memberikan sumbangan untuk kepentingan bangsa dan negara ini,”ujarnya.

Mendikbud juga optimis para peserta semua bisa memenuhi tanggung jawab, akan kewajiban sebagai putra-putra terbaik bangsa untuk nanti akan membantu Indonesia menjadi negara yang maju yang sejajar dengan negara maju lain terutama di bidang sains.”Ingat, tidak ada satupun negara di dunia ini yang menjadi negara maju tanpa didukung dengan kemajuan sains.Tidak satupun negara di dunia tanpa di dukung ilmuwan – ilmuwan yang handal. Itulah tanggung jawab Anda semua,” bebernya.

Silangen mengatakan atas nama pemerintah dan masyarakat Sulut, mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Mendikbud dan jajaran yg telah memberikan kepercayaan OSN tahun 2019 di Provinsi Sulut.”Saya mengajak para peserta OSN untuk terus tampil sebagai pelopor kehidupan yang rukun dan damai. Mari kita junjung semangat saling menghormati, saling menjaga serta tetap berpandangan bahwa keberagaman atau perbedaan adalah karunia indah yang berikan Tuhan kepada kita,”katanya.

Silangen juga mengatakan keindahan alam dan toleransi  antar umat beragama adalah ciri khas dari masyarakat Sulut. “Kalian telah melihat keindahan alam yang ada di sini sekaligus melihat kehidupan masyarakatnya yang rukun dan damai, sehingga menjadi modal besar bagi pembangunan di daerah ini,”pungkasnya.

Turut hadir dalam acara penutupan ini Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut dr Grace Punuh MKes  serta jajaran Forkopimda Sulut.(ml)

Komentar Facebook

Pos terkait