Tanggapan Pengamat Politik Terkait Debat Ke-3 Calon Gubernur Sulut

  • Whatsapp
Dosen Unsrat Manado yang juga Pengamat Politik Ferry Liando.

Manado, DetikManado.com – Pengamat Politik Dr Ferry Liando memberikan tanggapan mengenai debat ke-3 Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut yang digelar, Senin (16/11/2020).

Liando menuturkan, argumentasi yang disampaikan masing-masing calon pada dasarnya pasti akan terlaksana.

Bacaan Lainnya

“Sebab kebanyakan materi yang disampaikan adalah program yang sifatnya absolut,” katanya, Selasa (17/11/2020) kepada DetikManado.com.

Ia menambahkan, hampir semua calon mengangkat tema yg sama yaitu kesejahetraan, pendidikan, kesehatan, dan pelayanan dasar.

“Program itu sifanya given atau sesuatu yang wajib dilakukan oleh pemerintahan siapapun kepala daerahnya,” jelas Liando.

Ia menjelaskan, program-program itu telah disepakati dalam Rencana Pembangunan Jangka Pendek (RPJP) atau Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).

Siapapun kepala daerah tidak boleh menyimpang dari dokumen itu, sehingga apa yg menjadi janji-janji hampir semua pasangan kepala daerah hanya adopsi dari dokumen-dokumen itu.

Dosen Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado itu menambahkan, harusnya debat kepala daerah tidak boleh menjanjikan program, tetapi cukup dengan strategi atau komitmen.

“Sebab programnya sudah dijabarkan secara nasional. Jarang calon kepala daerah menawarkan komitmen tidak akan korupsi, tidak mengobral perizinan secara mudah kepada pengusaha, tidak memilih pejabat tanpa kompetensi, bebas KKN, penyiapan insfrastruktur yang lengkap dan mendorong kemudahan dalam pelayanan kepada masyatakat,” jelas Liando.

Lebih jelas, harusnya cukup itu saja yang dijabarkan dalam janji-janji mereka.

“Saya kurang yakin kalau hasil debat itu mempengaruhi sikap politik pemilih. Sebab kebanyakan argumentasi dalam debat sifatnya sama antara pasangan satu dengan yang lain,” ujar Liando.

“Sehingga sulit bagi pemilih untuk membedakan. Tidak semua pasangan yang mampu menawarkan inovasi atau gagasan original dalam debat,” tutup Liando. (tr-01)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *