Uji Kompetensi Kepala Sekolah, Sulut Peringkat 20 Nasional

  • Whatsapp

Manado – Sektor pendidikan di Sulawesi Utara (Sulut) memang perlu untuk dibenahi. Hasil-hasil ujian secara nasional baik untuk siswa, guru, dan kepala sekolah menunjukan hasil mengecewakan.

Setelah hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019 menempatkan Sulut di posisi 32 dari 34 provinsi, menyusul hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) di peringkat 25, nilai Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) juga rendah.

Bacaan Lainnya

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulut, Florens Panungkelan mengungkapkan untuk UKKS, Sulut mendapat nilai 54,98 dan berada di peringkat 20 dari 34 provinsi di Indonesia. Untuk posisi teratas ditempati DI Yogyakarta (61,47), disusul DKI Jakarta (59,32) dan Jawa Tengah (59,32).

Sedangkan untuk 3 provinsi dengan nilai terendah adalah Maluku Utara (52,09), Papua Barat (52,41), dan Maluku dengan nilai 53,36. “Ini hasil-hasil yang diperoleh dan menunjukan posisi Sulut,” ujar Florens saat pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) di Dinas Pendidikan Daerah Sulut, Selasa (21/05/2019).

Terkait kondisi itu, Florens mengatakan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Dikda Sulut, Universitas Negeri Manado (Unima) untuk melakukan terobosan-terobosan guna meningkatkan mutu pendidikan. “Termasuk nilai-nilai UKG dan UKKS yang rendah,” ujarnya.(joe)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *