Antara Komitmen dan Implementasi Kebijakan Pengurangan Atau Penanganan Sampah Berbasis Kecamatan di Kota Manado

Dr Jeane Elisabeth Langkai MSi.

Secara mengejutkan, temuan Komisi III DPRD Manado dikutip dari ANTARASulut telah terjadi kongkalingkong di TPA Sumompo. Pertama, terkait buruh sampah yang belum menerima gaji THR Natal, tetapi harus bekerja mengangkut sampah. Kedua, realisasi proyek pembangunan “Air Lindi” yang harusnya diproyeksikan selesai di tahun 2019 nihil sampai sekarang.

Dalam perspektif kebijakan, rencana adalah 20% keberhasilan, implementasi adalah 60% dan 20% sisanya adalah bagaimana kita mengendalikan implementasi. Implementasi kebijakan adalah hal yang paling berat, karena di sini masalah-masalah yang kadang tidak dijumpai di dalam konsep, muncul di lapangan. Selain itu, ancaman utama adalah konsistensi implementasi dan komitmen pembuat kebijakan.

Bacaan Lainnya

Dalam memantau suatu kebijakan, ada yang dinamakan dengan keluaran (output) dan dampak (outcome). Keluaran kebijakan adalah barang, layanan atau sumber daya yang diterima oleh kelompok sasaran atau kelompok penerima (beneficiaries). Sebaliknya, dampak kebijakan merupakan perubahan nyata pada tingkah laku atau sikap yang dihasilkan oleh keluaran kebijakan tersebut.

Komentar Facebook

Pos terkait