Antara Komitmen dan Implementasi Kebijakan Pengurangan Atau Penanganan Sampah Berbasis Kecamatan di Kota Manado

Dr Jeane Elisabeth Langkai MSi.

Yang menjadi pertanyaan, Kebijakan Perwako Manado No 33 thn 2018 ini berada di posisi mana? Keluaran atau dampak kebijakan? Bila Perwako itu merupakan Keluaran (output) belum berdampak, toh permasalahan sampah sampai saat ini tak kunjung usai. Tapi jika Pemerintah Kota Manado mengubah mindset kebijakan dengan mempertimbangkan dampak kebijakan (outcome), kebijakan ini akan terus dimonitor, dievaluasi atau bahkan diregulasi kembali bila tidak relevan dan tidak menjawab permasalahan yang dihadapi.

Setiap daerah mempunyai masalah yang sama. Yang berbeda adalah respon mereka (pemerintah daerah). Untuk itu penyelesaian masalah sampah sangat ditentukan oleh komitmen pemerintah serta secara serius melibatkan masyarakat melalui edukasi dampak sampah bagi pribadi, masyarakat pada umumnya.

Bacaan Lainnya

Komitmen Pemerintah Kota Manado khususnya melibatkan masyarakat patut diseriusi. Pemerintah dapat melibatkan organisasi keagamaan dengan melakukan sosialisasi tentang bagaimana mengelola sampah serta mengatasi dampak sampah bagi kelangsungan hidup.

Komentar Facebook

Pos terkait