Catatan Sejarah Kemerdekaan RI di Museum Kodam XIII Merdeka Manado

Museum ini terletak di Jalan Bethesda, tepatnya di depan RSUD Ratumbuysang Kota Manado

Manado, DetikManado.com – Museum Kodam XIII Merdeka salah satu tempat yang menyimpan catatan sejarah perjuangan bangsa dari zaman kemerdekaan RI, hingga liku-liku TNI memadamkan sejumlah pemberontakan di Bumi Ibu Peritiwi Indonesia.

Secara umum, museum yang terletak di Jalan Bethesda, tepatnya di depan RSUD Ratumbuysang Kota Manado ini juga terbuka untuk umum dan mudah dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan.

Bacaan Lainnya

Memasuki gedung museum, nampak tiga buah patung tokoh tentara, Letkol A G Grmbong, Mayor Daan Mogot, dan Kapten Piere Tendean. Dan juga terpampang foto-foto buram yang menjadi catatan sejarah.

Tidak hanya itu, dari luar gedung museum juga terdapat patung berukuran besar dari Pahlawan Nasional asal Sulut yaitu Robert Wolter Mongisidi.

Benda bernilai sejarah yang ada di dalam museum ini salah satunya adalah radio.

Kepada DetikManado.com, Sersan Kepala Felix Ulaen, personel Kodam XIII/Merdeka, sosok yang menjaga sekaligus penanggungjawab museum kemerdekaan ini mengatakan, tujuannya mengumpulkan barang-barang yang menjadi bukti sejarah peran kemerdekaan. “Terus sejarah permesta termasuk pahlawan nasional yang kebanyakan pahlawan dari Sulut,” jelas Felix, Jumat (22/11/2019).

Komentar Facebook

Pos terkait