CEK FAKTA: Steven Kandou Sebut Mutu Pendidikan Bukan Hanya Soal Nilai UN, Benarkah?

Pasangan calon Gubernur Sulawesi Utara nomor urut 3 Olly Dondokambey - Steven Kandouw.

Manado — Debat kandidat Pemilihan Gubernur Sulut 2020 berlangsung Rabu (11/11/2020) malam di Hotel Mercure Tateli. Tiga pasangan calon terlibat adu argumen seru menyangkut visi dan misi untuk daerah ke depan.

Pada debat tersebut, Calon Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandou, menjawab pertanyaan calon gubernur nomor urut 2, Vonny Panambunan, yang menyatakan kualitas pendidikan Sulut jeblok.

“Sulut berada di nomor dua dari belakang untuk kualitas pendidikan di Indonesia,” ujar Vonny.

CEK FAKTA: Berdasarkan penelusuran tim cek fakta, hasil Ujian Nasional (UN) SMA/SMK tahun 2019, Sulut memang berada di deretan terbawah nasional. Untuk SMA di urutan 32 dari 34 provinsi, sedangkan SMK di urutan 31 atau ketiga terbawah secara nasional.

Menjawab ini, Steven menyatakan kualitas pendidikan tidak hanya diukur dari nilai lulusan siswa SMA dan SMK. Karena ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Dia mengklaim, bersama Calon Gubernur Olly Dondokambey, keduanya telah berupaya meningkatkan sektor pendidikan Sulut dengan memperhatikan kesejahteraan guru, mengurangi kesenjangan sebaran guru Matematika, Fisika dan Kimia juga mengurangi kesenjangan anak putus sekolah.

Komentar Facebook