Ekspor Langsung dari Bitung ke Asia Timur, Karantina Sulut Pastikan Produk Penuhi Standar

Peresmian pelayaran perdana kapal kargo SITC Container Line MV SITC Batangas Voy 2403 N, yang menjadi langkah awal menjadikan Pelabuhan Bitung sebagai pintu gerbang ekspor Sulut ke pasar Asia. (Foto: Dokumentasi Karantina Sulut)

Bitung, DetikManado.com – Pemprov Sulut meresmikan pelayaran perdana kapal kargo SITC Container Line MV SITC Batangas Voy 2403 N, yang menjadi langkah awal menjadikan Pelabuhan Bitung sebagai pintu gerbang ekspor Sulut ke pasar Asia.

Dalam pelayaran perdana tersebut, sejumlah komoditas pertanian dan perikanan Sulut yang telah melewati tindakan karantina turut diekspor ke beberapa negara di Asia Timur seperti Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok.

Bacaan Lainnya

Kepala Karantina Sulut I Wayan Kartanegara menyatakan, keberadaan institusi Karantina saat ini dalam kelembagaan yang baru (Badan Karantina Indonesia) diharapkan dapat menjadi tools pergagangan dunia. Ini untuk memastikan keterimaan produk pertanian dan perikanan Indonesia khususnya Sulut sesuai dengan persyaratan standar yang telah ditetapkan, sehingga dapat diterima tanpa adanya hambatan dan penolakan di negara tujuan.

“Peran giat ekspor ini sangat mendukung pendapatan devisa negara dari Provinsi Sululut,” ujarnya.

Komentar Facebook

Pos terkait