Pelantikan Anggota Baru Seasoldier Sulut, dan Pemahaman Soal Ekosistem

Kegiatan tersebut dilakukan kepada 17 orang yang baru dilantik sebagai anggota penuh di Desa Bahowo, Kecamatan Bunaken, Manado, Sulut, Sabtu (1/8/2020).

Manado, DetikManado.com – Di tengah pandemi Covid-19, Seasoldier Sulut gencar meningkatan kapasitas pengetahuan mengenai 3 ekosistem laut dan pengolahan sampah bagi anggotanya.

Kegiatan tersebut dilakukan kepada 17 orang yang baru dilantik sebagai anggota penuh di Desa Bahowo, Kecamatan Bunaken, Manado, Sulut, Sabtu (1/8/2020).

Bacaan Lainnya

“Penambahan kapasitas bagi 17 anggota baru Seasoldier Sulut sudah dilakukan hampir 6 bulan secara virtual dengan materi kelas berupa mangrove, karang, lamun dan pengolahan sampah,” ungkap Pendiri Seasoldier Sulut, Rio Noval Puasa.

Rio sapaan akrabnya menjelaskan, materi lapangan itu dipaparkan sebagai lanjutan setelah materi kelas diberikan secara online.

“Kepada anggota baru, saya mencoba mengajarkan cara mengindentifikasi  jenis-jenis mangrove dan menghitung jumlah pohon dalam plot pengamatan,” paparnya.

Untuk lamun mengidentifikasi jenis-jenis lamun dan cara pengambilan data dengan metode transek kuadrat. Sedangkan karang diajarkan bagaimana membedakan bentuk-bentuk pertumbuhan karang yang ada di Desa Bahowo secara visual.

Ia menambahkan, dari hasil pengamatan dan identifikasi di lapangan, terdapat 7 jenis mangrove di antaranya Rhizophora apiculata, Rhizophora mucronata, Ceriops tagal, Bruguiera gymnothiza dan Soneratia alba.

Komentar Facebook

Pos terkait