Piala Dunia: Momen Penting dan Statistik Kunci Hasil Kroasia vs Maroko

Selebrasi pemain Kroasia setelah meraoh peringkat ketiga Piala Dunia dengan mengalahkan Maroko, Sabtu (17/12/222), di Stadion Internasional Khalifa, Qatar. (foto:fifa.com)

Manado, DetikManado.com – Kroasia meraih peringkat ketiga Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan Maroko 2-1 pada Sabtu (17/12/2022) malam.

Kroasia, runner-up Piala Dunia 2018, finis ketiga untuk kedua kalinya dalam sejarah mereka. Semua gol datang di babak pertama dengan Gvardiol dan Orsic mencetak gol untuk Kroasia

Sedangkan Maroko membuat sejarah sebagai tim Afrika pertama yang finis di empat besar Piala Dunia.

 

Review Pertandingan

Seperti dilansir dari FIFA, Kroasia mengamankan satu set medali perunggu dengan mengalahkan Maroko 2-1 di perebutan peringkat ketiga di Stadion Internasional Khalifa, Sabtu.

Pasukan Zlatko Kalic bangkit setelah kalah 3-0 di semi final dari Argentina untuk mengamankan peringkat ketiga untuk kedua kalinya di Piala Dunia FIFA, menyusul prestasi identik mereka di Prancis 1998.

Ketika tim-tim ini bertemu dalam pertandingan grup pembuka mereka 24 hari yang lalu, hanya sedikit yang memperkirakan mereka akan bertemu lagi di akhir pekan penutup turnamen.

Di mana pertemuan grup itu berakhir tanpa gol, tidak ada play-off tempat ketiga yang berakhir seperti itu dan reuni mereka meledak menjadi lebih hidup dengan dua gol awal, keduanya dari situasi bola mati.

Yang pertama adalah tendangan bebas yang bekerja dengan sangat baik dengan Ivan Perisic mengarahkan bola melewati kotak penalti di mana Josko Gvardiol melemparkan dirinya ke sana dan melakukan sundulan melewati Yassine Bounou, penjaga gawang Maroko. Bagi Perisic, itu adalah asist Piala Dunia kelimanya.

Maroko menyamakan kedudukan segera setelah tendangan bebas lebar oleh Hakim Ziyech, yang menjadi kapten tim dalam penampilannya yang ke-50.

Bola melewati kepala Luka Modric di tepi area penalti dan jatuh di dalam kotak enam yard di mana Achraf Dari membungkuk untuk mencetak gol internasional pertamanya.

Maroko telah menyenangkan dunia Afrika dan Arab dengan perjalanan mereka yang belum pernah terjadi sebelumnya ke empat besar.

Meskipun Modric menguji Bounou dengan pukulan rendah, pasukan Walid Reragui bisa dibilang berada di puncak saat periode pertama mendekati akhir. Namun, Kroasia yang merebut kembali keunggulan sebelum jeda.

Pemain muda Bilal El Khannouss, yang melakukan debutnya di Maroko, memenangkan bola di tepi kotaknya hanya untuk kemudian kehilangannya dari Mateo Kovacic.

Kroasia mengalirkan bola dengan cepat ke Mislav Orsic di sisi kiri kotak penalti dan ia melepaskan tembakan first time yang indah melewati Bounou dan masuk ke tiang jauh.

Kroasia adalah pencetak gol yang lebih mungkin di babak kedua, dengan Kovacic menjadi yang terdekat untuk tim Balkan di menit ke-87 saat ia melepaskan tembakan melebar dari tiang jauh.

Maroko serius mengancam untuk menyamakan kedudukan di injury time dengan sundulan dari Youssef En-Nesyri yang mendarat di atas gawang.

 

Momen Kunci

Gvardiol menuju ke semi final setelah dengan label sebagai salah satu bek tengah terbaik di Qatar 2022. Kontribusinya termasuk tekel penyelamatan gol penting pada Romelu Lukaku untuk memastikan Kroasia keluar dari grup mereka dan menyingkirkan Belgia.

Namun bek Leipzig berusia 20 tahun itu kembali ke markas Kroasia pada Selasa malam setelah menjadi korban kesekian dari kecemerlangan Lionel Messi. Diperdaya oleh si ‘pesulap’ yang mengelabuinya sebelum mencatatkan asis untuk gol ketiga La Albiceleste.

Gvardiol kembali bersinar di sini dengan mencetak gol Piala Dunia pertamanya setelah rutinitas tendangan bebas langsung dari sesi latihan.

Lovro Majer melakukan tendangan bebas ke arah Ivan Perisic, yang berlari ke arah gawang untuk mengarahkan bola kembali ke titik penalti di mana Gvardiol menyerang dengan sundulan.

Dia mungkin mengenakan topeng pelindung tetapi sekarang dia akan pulang dengan nama dan wajah yang akan jauh lebih dikenal.

 

Data dan Fakta

Sebuah negara Eropa kini menempati posisi ketiga di masing-masing dari 11 Piala Dunia terakhir. Tim non-Eropa terakhir yang menduduki peringkat ketiga adalah Brasil pada tahun 1978.

Maroko adalah negara non-Eropa atau Amerika Selatan pertama yang finis di empat besar sejak Republik Korea pada 2002.

Tujuh bulan setelah debut seniornya untuk Genk, Bilal El Khannouss yang berusia 18 tahun melakukan debut internasionalnya di Stadion Internasional Khalifa untuk menjadi pemain termuda Maroko yang menghiasi panggung dunia.

Dengan asisnya untuk Gvardiol, Perisic kini telah terlibat langsung dalam 11 gol (enam gol, lima asis) di tiga Piala Dunia terakhir. Hanya Messi (16) yang memiliki andil dalam lebih banyak gol di turnamen tersebut.

Ini adalah pertandingan Piala Dunia ke-10 di mana Kroasia gagal menjaga clean sheet. (Yoseph Ikanubun)

 

Susunan Pemain

Kroasia (3-5-2): Dominik Livakovic; Josip Stanisic, Josip Sutalo, Josko Gvardiol; Mislav Orsic (90+4′ Jakic), Lovro Majer (66′ Petkovic), Luka Modric, Mateo Kovacic, Ivan Perisic; Marko Livaja (66′ Pasalic), Andrej Kramaric (62′ Vlasic).

Pelatih: Zlatko Dalic

 

Maroko (4-3-3): Yassine Bounou; Achraf Hakimi, Achraf Dari (64′ Benoun), Jawad El Yamiq (Amallah), Yahya Attiat-Allah; Abdelhamid Sabiri (46′ Chair), Sofyan Amrabat, Bilal El Khannouss (56′ Ounahi); Hakim Ziyech, Youssef En-Nesyri, Sofiane Boufal (64′ Zaroury).

Pelatih: Walid Regragui

Komentar Facebook