Aktivis GMNI Manado Bicara tentang Pancasila

  • Whatsapp
Rio Tobokan.aktivis GMNI Cabang Manado.

Manado,DetikManado.com – Dalam momentun hari lahir Pancasila, Rio Tobokan selaku mantan Wakil Bidang Politik DPC Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Manado mengajak seluruh elemen kebangsaan kembali pada fitrah pancasila.

“Kita ketahui bersama bahwa 01 Juni kita memperingati hari lahirnya Pancasila. Sebagai bangsa yang telah menyepakati Pancasila sebagai konsensus bersama berbangsa dan bernegara, saya mengajak kepada seluruh elemen kebangsaan dari Sabang sampai Merauke untuk kembali kepada fitrah Pancasila,”ujar Rio, Sabtu (01/06/2019).

Bacaan Lainnya

Dia menambahkan, fitrah Pancasila sebagai falsafah hidup dan sebagai filosofi dalam berbangsa dan bernegara.

Lanjut Rio, proses politik telah dilewati yang memang bak teriknya matahari di padang pasir yang panas. Seharusnya sebagai bangsa menyikapi hal tersebut dengan kepala dingin. Bahwa proses politik yang sebenarnya tidak hanya sampai kepada perebutan kekuasaan tapi bagaimana bisa membawa lokomotif Indonesia ini kepada rel dan roh Pancasila yang sebenarnya.

“Tujuan kita tidak sampai kepada merebut kekuasaan tapi bagaimana tujuan kita yang terkandung dalam Pancasila yaitu keadilan sosial,” ujarnya.

Dia juga mengajak semua elemen bangsa kembali bersatu dan bergotong-royong dalam membangun negeri. Karena seperti kata Bung Karno, Pancasila adalah bak dasar yang dapat menghimpun segenap tenaga rakyat Indonesia. “Bukan saja mencetuskan revolusi tetapi juga mengakhiri revolusi bangsa Indonesia dengan hasil yang gemilang,” pungkasnya. (hardy)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *