Deputi II Menkopolhukam Bicara Soal Peran Indonesia di Kawasan ASEAN

  • Whatsapp

Manado,DetikManado.com – Fakultas Hukum (FH) Unsrat Manado menggelar kuliah umum dengan tema Tantangan Keamanan Kawasan Perspektif Indonesia, Kamis (19/09/2019), di ruang Thomas Aquino FH Unsrat.


Kuliah umum yang diikuti ratusan mahasiswa dan dosen serta sejumlah undangan ini menghadirkan Deputi II Menkopolhukam RI Dr Lutfi Rauf MA.

Bacaan Lainnya


Dalam pemaparannya, Lutfi juga berbicara tentang peran Indonesia di kawasan ASEAN. “Peran Indonesia sangat strategis. Karena memang ada dampak bagi Indonesia ketika kawasan bergolak,” ungkapnya.

Dia memgatakan, karena itu sangat penting kawasan ASEAN ini diciptakan damai dan stabil. “Karena situasi dalam negeri suatu negara juga mempengaruhi negara-negara lain di kawasan ASEAN,” ujarnya.


Di sisi lain, lanjutnya, banyak orang pesimis akan peran Asia Tenggara. Apalagi dengan kondisi Asia Tenggara yang majemuk dari sisi kultural agama bahkan bentuk pemerintahan. “Ada sosialis, komunis, republik, kerajaan. Agama Islam dan Budha terbesar ada di kawasan ini. Ini kekayaan sekaligus potensi konflik,” paparnya.

Namun demikian, lanjutnya, sudah terbukti selama 50 tahun kawasan ASEAN dikelola dengan relatif kondusif. Meski memang ada riak-riak antar negara seperti Indonesia – Malaysia, atau Thailand, Laos dan Miyanmar, termasuk konflik Rohingya. Dan juga kecurigaan sesama negara di kawasan ASEAN. “Tapi kawasan kita lebih baik dari Asia Selatan, di sana ada yang memanas antara India dan Pakistan. Peran Indonesia menjaga kasawan ASEAN sangat besar,” ujarnya. (joe/tr-02)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *