Jendral Amerika Berdarah Jepang Jadi Irup di Manado

Brigadir Jendral Ryan T Okahara, Chief and Staff of Comander Hiang, Honolulu.

Manado,DetikManado.com – Latihan bersama TNU AU dan United States (US) Air Force dengan sandi Cope West resmi ditutup, Jumat (28/06/2019). Dari pihak TNI AU diwakili oleh Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Iswahyudi Madiun, Marsma TNI Widyargo Ikoputra. Sedangkan dari pihak Amerika Serikat diwakili oleh seorang Jendral berdarah Jepang.

Amerika Serikat dan Jepang punya sejarah kelam saat Perang Dunia ke 2. Serangan angkatan udara Jepang memporak-porandakan pangkalan militer Amerika di Honolulu, Hawai, sebuah pulau nan Indah di kawasan Pasifik.

Bacaan Lainnya

Amerika membalasnya dengan apa yang dikenal sebagai tragedi bom atom di dua kota Jepang, yakni Hiroshima dan Nagasaki. Jepang menyerah setelah tragedi itu. Hubungan kedua Negara tahun decade berikutnya berangsur pulih. Bahkan kini ada seorang jenderal Amerika yang berdarah Jepang, yang punya posisi strategis di militer negeri Paman Sam.

Dia adalah Brigadir Jendral Ryan T Okahara, Chief and Staff of Comander Hiang, Honolulu. Okahara mendampingi Ikoputra dalam rapat evaluasi pelaksanaan latihan tempur bersama di ruang VIP Pemprov Sulut di Bandara Sam Ratulangi Manado. “Latihan tempur ini memberikan banyak pengalaman dan manfaat bagi angkatan udara kedua Negara,” ungkap Ikoputra.

Komentar Facebook

Pos terkait