JPS Bakal Menggelar Workshop Jurnalis Siswa SMA/SMK di Bolmut

Kadis Pendidikan Daerah Sulut Grace Punuh saat membuka kegiatan pelatihan jurnalistik sebelum pandemi Covid-19 di Manado bersama Jurnalis Pendidikan Sulut ( Foto : istimewa/ Julkifli Madina )

Kaidipang, DetikManado.com – Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut melalui Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bolaang Mongondouw Utara, Jurnalis Pendidikan Sulut (JPS) akan kembali menggelar pelatihan kepada siswa-siswi SMA dan SMK se Kabupaten Bolaangmongondouw Utara yang akan dipusatkan di SMK Negeri 1 Kaidipang pada Selasa (08/03/2022).

Workshop Jurnalistik Siswa yang di gelar JPS sejak 2019 lalu ini, sempat tidak jalan karena Indonesia dilanda pandemi Covid-19 dan nanti Tahun 2022 ini barulah akan jalan kembali.

Kegiatan yang akan mengangkat tema ‘Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Workshop Jurnalistik Siswa’ ini akan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut Grace Punuh.

Menurutnya, mereka sangat bersyukur dan berterima kasih kepada JPS yang akan memberikan pelatihan karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk para siswa dan tentunya dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-1 sepertimemakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, mengukur suhu tubuh.

Dalam pelatihan ini, juga dilakukan pembatasan jumlah siswa yang hanya perwakilan dari sekolah saja yang akan hadir.

”Saya sangat salut dengan JPS yang sudah menjadi mitra kerja dan mendukung semua program pendidikan di Sulut terutama dalam meningkatkan karakter bagi Siswa di Bolmut,” ungkap Kapiso.

Dia berharap agar kegiatan pada Selasa nanti bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar dan para Siswa bisa mendapatkan ilmu jurnalis dan bisa menangkal berita – berita Hoax atau bohong yang saat ini sangat banyak beredar di Media Sosial serta mereka bisa bermedia sosial dengan positif.

” Ya, sekarang juga sudah ada Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau Undang-undang nomor 11 tahun 2008 adalah UU yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik, atau teknologi informasi secara umum oleh karena itu para siswa akan diberikan pemahaman bagaimana bermedia sosial yang baik sehingga terhindar dengan jeratan ini,”jelas Kacabdin Patra.

Sementara itu melalui Ketua JPS Julkifli Madina mengatakan, pelatihan yang akan dilakukan tujuannya memberi pemahaman terkait jurnalistik untuk para siswa, juga agar mereka bisa mengetahui mana berita yang benar dan mana hoaks dan mereka juga bisa bermedia soaial dengan hal – hal yang positif agar terhindar dengan jeratan UU ITE.

“Sebenarnya kegiatan ini sudah dimulai sejak 2019 lalu dan dikarenakan adanya pandemi Covid-19 melanda Indonesia, maka sempat berhenti dan baru akan dimulai pada Tahun 2022 ini,” kata Julkifli jurnalis senior di Sulut ini.

Dia menambahkan, untuk pemateri yang dihadirkan adalah Ahli Pers di Sulut yang juga Ketua Majelis Etik AJI Manado Yoseph E Ikanubun sekaligus Pemimpin Redaksi Detikmanado.com, Redaktur Harian Metro dan Redaktur di Liputan6.com.

Selain itu, ada juga pemateri dari Ketua Bidang di Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulut Ady Putong yang juga Redaktur di Media Online Barta1.com serta pemateri dari ketua JPS Julkifli Madina yang juga Pemimpin Redaksi di Radio Golden Heart Manado dan sejumlah media Online serta kontributor Kantor Berita Radio (KBR) di Sulut.

Sementara melalui Ketua MKKS SMK Bolmut yang juga Kepala SMK Negeri 1 Kaidipang Anshar Nusa mengungkapkan pihaknya sangat mendukung kegiatan ini apalagi guna mwningkatkan karakter bagi Siswa dan juga Sekolahnya sangat bersyukur bisa menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Workshop Jurnalistik Siswa SMA/SMK Se Kabupaten Bolmut.

” Kegiatan ini baru kali ini dilaksanakan di Bolmut dan ini sangatlah baik apalagi kepada para Siswa disini yang jauh dari perkotaan dan pemahaman jurnalis masih kurang serta aturan bermedia sosial yang baik juga belum banyak dipahami,” kata Kepsek Anshar.

Lanjut dia, kegiatan ini digelar bersamaan dengan akan di launchingnya E-Library SMA/SMK dan Radio Pendidikan M- Radio di SMKN 1 Kaidipang.(ml)

Komentar Facebook