Lepas 190 Wisudawan, Begini Pesan Rektor UTSU Manado

Manado,DetikManado.com – Universitas Teknologi Sulawesi Utara (UTSU) Manado,lepas 190 wisudawan S1 angkatan ke -XI, tahun akademik 2022/2023,Rabu (30/11/2022) siang.

Para wisudawan ini berasal dari 10 program studi (Prodi) yang ada di kampus UTSU, yaitu masing-masing Prodi Manajemen (61), Ekonomi Pembangunan (3), Teknik Elektro (48), Teknik Sipil (30), Planologi (6), Teknik Lingkungan (10), Teknik Industri (6), Ilmu Adminitrasi Negara (11), Ilmu Komunikasi (11), dan Teknologi Hasil Pertanian (4).

Rektor UTSU Manado Ruano A U Senduk mengatakan dengan upacara tersebut para wisudawan berhak menerima ijazah dan gelar sesuai bidang ilmu yang dipalajari selama menjadi mahasiswa UTSU.

“Para wisudawan harus berbangga karena telah berhasil menyelesaikan pendidikan tinggi strata satu,” tutur Ruano.

Ruano mengaku bangga atas keberhasilan para wisudawan, dan dia juga mengajak para sarjana lulusan UTSU untuk menunjukan kepada masyarakat dan pemangku kepentingan lannya, bahwa UTSU berhasil melaksanakan amanat yang diberikan untuk mendidik anak bangsa hingga menjadi sarjana.

“Saya berharap para alumni tidak berhenti belajar sampai tahap ini, tapi akan terus belajar dan berkontribusi membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur,” jelas Ruano.

Senada dengan Rektor, Ketua Yayasan Harapan Kasih Magdalena Senduk sebagai pimpinan yayasan yang menauning UTSU, dia juga memberikan selamat kepada para wisudawan dan orang tua.

“Kami mengajak kepada wisudawan, teruslah berkarya, mengembangkan diri, dan mengabdi pada masyarakat, dimanapun Anda pergi dan berada,” ujar Magdalene.

Dia juga meminta para wisudawan baik yang sudah bekerja, sebagai ASN, ataupun yang di swasta, agar setelah anda dinyatakan sebagai S1, tunjukan kompetisi yang sehat dalam pekerjaan yang sudah hadapi.

“Bagi yang belum bekerja, anda masuk dalam generasi unggul berteknologi tinggi yang diharapkan oleh dunia sekarang, bukan hanya untuk menjadi seorang ASN atau pegawai swasta, anda diharapkan menjadi menjadi bos, menjadi kepala bagi diri sendri. Buka lapangan kerja dengan berinovasi, anda sudah mempunyai ilmu sendiri-sendiri, ingat teknologi Indonesia tidak kalah dengan teknologi Internasional,” terangnya.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah XVI yang diwakili Ketua Pokja Kelembagaan Darwin H Buruwadi menuturkan kehadiran kepala LLDIKTI atau yang mewakili untuk menyampaikan sambutan pada prinsipnya adalah, sebuah penegasan bahwa ijazah yang adik-adik terima saat ini itu karena berasal dari prodi yang sudah diakreditasi.

“Maka saya nyatakan dengan tegas, bahwa ijazah itu sah dan memperoleh pengakuan di masyarakat. Dan Anda berhak menyandang gelar sesuai dengan profesi anda masing-masing,” singkat Buruwadi.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang diwakili Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Utara, dr Jemmy Lampus mengucapkan selamat dan sukses atas kelulusan para wisudawan.

“Saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada UTSU, atas dedikasi dan komitemen tiada henti dalam mendidikan dan membimbing mahasiswa untuk meraih cita-cita dan harapannya,” ucap Lampus.

Dia juga berharap lulusan sarjana UTSU untuk terus berjuang dan memiliki daya saing tinggi untuk berkontribusi bagi pembangunan bangsa dan daerah tercinta.

“Prestasi yang diraih saat ini untuk pemicu dan pemacu pengembangan diri kedepan, karena pendidikan itu sendiri tidak mengenal waktu dan tidak mengenal berhenti,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris APTISI wilayah Sulut Rosdiana Simbolon,Ketua Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pinieleng Pastor Dr. Gregorius,serta para pejabat struktural di lingkungan UTSU.(Mikhael Labaro)

Komentar Facebook