Akreditasi SMA-SMK Kedaluwarsa, Jalur SNBP Unsrat Bakal Didominasi Siswa dari Luar Sulut

Sejumlah Kepala SMA di Sulut mengikuti sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di kampus Unsrat Manado, Senin (6/3/2023) pagi. (Foto: Yoseph Ikanubun/DetikManado.com)

Manado, DetikManado.com – Dampak kedaluwarsanya akreditasi sejumlah SMA dan SMK di Sulut kian nyata terasa. Penerimaan mahasiswa baru di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) bakal didominasi siswa dari luar Sulut.

Hal ini terungkap saat sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang digelar Unsrat, Senin (6/3/2023), dan dihadiri sejumlah Kepala SMA di Sulut.

“Ada 3 jalur dalam seleksi pemerimaan mahasiswa baru tahun ini. yaitu SNBP, Seleksi Nasional Berbasis Prestasi atau SNBT, dan Mandiri,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik Unsrat Prof Dr Ir Grevo Gerung MSc saat kegiatan sosialisasi yang digelar di lantai IV Kantor Pusat Pusat Unsrat.

Grevo menjelaskan, tahun 2023 ini ada sekitar 5.200 kursi mahasiswa baru di Unsrat dengan pembangian untuk jalur SNPB diberikan kuota minimal 20 persen, jalur SNBT 40 persen, dan jalur Mandiri maksimal 30 persen.

Komentar Facebook