Manfaat Mendonorkan Darah Bagi Kesehatan Menurut Dokter Worang

  • Whatsapp
Kabid Dokkes Polda Sulut Kombes Pol dr Freddy Worang Johanes.

Manado,DetikManado.com – Salah satu komponen penting dalam tubuh manusia adalah darah. Jadi ketika kita memutuskan untuk meyumbangkan darah artinya kita telah membantu untuk menyelamatkan 1 nyawa bahkan lebih untuk kelangsungan hidup seseorang.

Tetapi tahukah Anda bahwa dengan menyumbangkan darah bukan hanya memberi manfaat bagi penerima donor tersebut, tapi juga sangat berguna buat tubuh yang menjadi pendonor?

Bacaan Lainnya

Kabid Dokkes Polda Sulut Kombes Pol dr Freddy Worang Johanes menjelaskan, jika dilihat dari sisi kesehatan dengan keluarnya darah yang sudah dibentuk duluan atau darah yang sudah lama, maka pabrik – pabrik darah di tubuh akan memproduksi bintik- bintik darah merah yang baru. “Kalau ada sel darah merah yang baru tentu fungsinya akan lebih baik dan akan merangsang pertumbuhan sel darah merah yang baru,”ujar Worang, Jumat (21/06/2019).

Worang juga mengatakan, jika ingin melakukan donor darah harus dilakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dulu. “Yang menentukan apakah seseorang layak diambil darahnya adalah dengan melakukan pemeriksaan medis,”katanya.

Lanjut dia, contohnya ketika orang hobi tidur larut malam jika ingin melakukan donor darah harus dilakukan pemeriksaan hb atau darah orang tersebut. Karena bisa saja tekanan darahnya terlalu rendah, atau bisa saja terlalu tinggi sehingga tidak bisa diambil darahnya. Tetapi kalau hb dan tekanan darahnya normal bisa dilakukan donor darah. “Makanya setiap darah yang diambil dilakukan screaming atau diperiksa lagi,”bebernya

Menurutnya, bukan berarti setiap darah yang sudah diambil itu langsung didistribusikan, tetapi harus diperiksa terlebih dahulu untuk menjaga jika darah tersebut memiliki penyakit menular yang ditularkan lewat darah. Misalnya hepatitis B, HIV atau penyakit kelamin menular lainnya. “Jadi belum tentu semua darah yang diambil akan dipakai,”pungkasnya.(ml)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.