Secuil Cerita Idrus Ade: Mendidik Generasi di Pelosok Oba Selatan Tidore Kepulauan

Salah satu kondisi jalan di Desa Maidi ketika turun hujan. (Foto: Istimewa for DetikManado.com)

Tidore, DetikManado.com – Idrus Ade (37) adalah salah satu dari sekian banyak orang yang memilih mengabdikan diri untuk mencerdaskan generasi muda di dunia pendidikan. Dia adalah pria asal Tidore, yang menjadi guru di SMAN 14 Tidore Kepulauan.

Lokasi sekolah ini terletak di Desa Maidi, Kecamatan Oba Selatan, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara (Malut). Untuk dapat tiba di desa tersebut, bisa melalui jalur laut kemudian dilanjutkan dengan jalur darat yang memakan waktu kurang lebih empat jam.

Idrus telah mengabdi sebagai guru selama dua belas tahun lebih. Hal ini bermula saat dirinya mendapat informasi bahwa ada sekolah baru yang dibuka di Desa Maidi. Tanpa berpikir panjang, ia lalu mempersiapkan segala keperluan untuk menuju ke bagian selatan Oba.

Namun, niat tulusnya untuk mengabdi menemui tantangan saat pertama kali menginjakkan kaki di Desa Maidi pada Januari 2012 silam.

“Saya tidak tahu kondisi di sana seperti apa saat saya tiba tahun 2012. Akses jalan masih sangat sulit, tidak ada jaringan seluler, dan tidak ada listrik,” ujar Edoz sapaan akrabnya ini sambil tersenyum.

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email