25 Jurnalis di Sulut Belajar Pre Bunking bersama AJI Manado dan Google News Initiative

AJI Manado melibatkan sebanyak 25 jurnalis di Sulut dalam Pelatihan Pre-Bunking bersama Google News Initiative. (Foto: Dokumentasi AJI Manado)

Manado, DetikManado.com – Untuk mencegah berkembangnya informasi palsu atau hoaks di media sosial, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado melibatkan sebanyak 25 jurnalis di Sulut dalam Pelatihan Pre-Bunking Google News Initiative.

Pelatihan pre-bunking yang didukung oleh Google News Initiative melalui AJI Indonesia ini diselenggarakan di Hotel Swiss Bell, Kota Manado, Sabtu-Minggu (9-10/3/2024).

Bacaan Lainnya

Ketua AJI Manado Fransiskus Marcelino Talokon mengungkapkan pre-bunking adalah salah satu proses dalam pemeriksaan fakta.

Selain pre-bunking juga dikenal istilah de-bunking, namun bedanya yaitu de-bunking merupakan teknik membongkar sebuah informasi tidak benar yang sudah terlanjur tersebar.

“Sementara pre-bunking adalah membangun pondasi pengetahuan masyarakat maupun jurnalis dalam membedakan informasi benar dan tidak atau hoaks,” papar Fransiskus Marcelino Talokon.

Komentar Facebook

Pos terkait