Bawaslu Sulut Menggelar Sekolah Baku Beking Pande

  • Whatsapp
Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda.

Manado, DetikManado.com – Dengan mengangkat tema Mekanisme Penyelesaian Sengketa Pemilihan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut meggelar diskusi bertajuk Sekolah Baku Beking Pande secara daring pada Rabu (27/5/2020).

Salah satu anggota Bawaslu Sulut, Supriady Pangellu memberikan arahan kepada peserta rapat tentang kedudukan dan status hukum dari Perbawaslu. Di mana menjadi acuan atau pedoman di jajaran Bawaslu di Sulut dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan. “Dan terlebih khusus dalam penyelesaian sengketa proses pilkada,” ujar Pangellu dalam diskusi via Zoom Meeting itu.

Bacaan Lainnya

Kemudian Pangellu menerangkan tentang proses mediasi dan adjudikasi yang dilakukan Bawaslu Kabupaten/Kota sebagai penyelenggara pemilu.

“Agar dalam pilkada tahun 2020 memiliki kemampuan yang mumpuni dan kepercayaan diri sebagai majelis dalam menyelesaikan proses hukum kepemiluan,” tegasnya sambil menambahkan, semua pihak harus berdasarkan ketentuan Perbawaslu yang berlaku.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Kotamobagu, Musly Mokoginta tampil memaparkan materinya. Musly memaparkan terkait penyelesaian sengketa pada pelaksanaan pilkada secara umum. Kemudian dilanjutkan dengan mekanisme pengawasan tahapan dan penanganan pelanggaran serta bagaimana proses sengketa pemilihan di tengah pandemi covid-19.

Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda menambahkan beberapa hal berhubungan dengan materi yang sudah dipaparkan oleh Musly.

“Proses sengketa pemilihan kepala daerah ke depannya oleh jajaran Bawaslu Provinsi Sulut, agar dapat melibatkan staf di luar dari divisi HP3S Bawaslu di Kabupaten/Kota, khususnya yang melaksanakan pilkada tahun 2020 ini,” katanya.

Malonda menuturkan, Bawaslu Kabupaten/Kota dalam menjalankan sidang sengketa proses pilkada, agar dapat memperhatikan dan disiplin.

“Dalam mengambil keputusan hukum secara kelembagaan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan perbawaslu dalam pelaksanaannya,” ucapnya.

Ia menambahkan, Bawaslu Sulut akan meningkatkan diskusi Sekolah Baku Bekeng Pande dari jajaran staf divisi SDMO Bawaslu Sulut dan lainnya.

“Agar keaktifan dari pimpinan dan staf divisi SDMO yang telah diundang dalam zoom meeting ini lebih ditingkatkan.

Malonda mengharapkan, kegiatan yang akan dilakukan divisi Pengawasan dan HP3S Bawaslu Sulut dapat saling melengkapi.

0“Dan menambah wawasan terkait tugas-tugas kelembagaan Bawaslu menjelang Pilkada tahun 2020,” tungkasnya. (rf)

Komentar Facebook
Print Friendly, PDF & Email

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *