MPLS di SMKN 6 Manado, Altje Salele Paparkan Materi Wawasan Wiyata Mandala

Pelaksanaan MPLS di SMKN 6 Manado pada, Senin (8/7/2024). (Foto: Yoseph Ikanubun/DetikManado.com)

Manado, DetikManado.com – Pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) digelar SMKN 6 Manado pada, Senin (8/7/2024). Sebanyak 305 siswa baru mengikuti kegiatan yang berlangsung di aula sekolah tersebut.

Kepala SMKN 6 Manado Altje Salele SPd MPd saat memberikan sambutan mengatakan, MPLS merupakan kegiatan pertama bagi peserta didik baru di sekolah untuk pengenalan program, tata kelola, sarana dan prasarana sekolah. Selain itu juga terkait cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah.

Bacaan Lainnya

“Kalian telah memilih untuk melanjutkan pendidikan di SMKN 6 Manado, sehingga penting untuk mengenal dan mencintai sekolah ini,” tutur Altje Salele didampingi para Wakil Kepala SMKN 6 Manado yakni Inggrit Tombeng SPd MSi, Jeki Agontha SPd, dan Drs Verry Lumenta.

Setelah seremoni pembukaan, kegiatan MPLS dilanjutkan dengan materi pertama yang disampaikan oleh Altje Salele terkait Arti dan Makna Wawasan Wiyata Mandala.

Dia memaparkan, wawasan adalah suatu pandangan atau sikap yang mendalam terhadap suatu hakikat. Sedangkan Wiyata adalah pendidikan, Mandala adalah tempat atau lingkungan.

“Wiyata mandala adalah sikap menghargai dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekolah sebagai tempat menuntut ilmu pengetahuan,” papar Altje Salele.

Dia kemudian memaparkan terkait unsur-unsur Wiyata Mandala di mana sekolah merupakan lingkungan pendidikan, kepala sekolah mempunyai wewenang dan tanggungjawab penuh atas penyelenggaraan pendidikan dalam lingkungan sekolah.

“Antara guru dan orang tua siswa harus ada saling pengertian dan kerjasama erat untuk mengemban tugas pendidikan atau membangun hubungan yang serasi,” tuturnya.

Dia memaparkan, sekolah merupakan tempat penyelenggaraan Proses Belajar Mengajar (PBM), menanamkan dan mengembangkan berbagai nilai, ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan. Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal tempat berlangsungnya PBM.

Komentar Facebook

Pos terkait