Orang yang Berolahraga Secara Teratur, Berpotensi Memiliki Toleransi Lebih Tinggi Terhadap Rasa Sakit

Ilustrasi berolahraga secara teratur. (Foto: pexels.com)

Manado, DetikManado.com – Menjadi aktif secara fisik dan terlibat dalam berolahraga teratur dapat membantu mengatasi rasa sakit kronis, sebuah studi baru mengungkapkan.

Peneliti dari Norwegia menganalisis dampak aktivitas fisik atau berolahraga terhadap toleransi nyeri dengan mengevaluasi data dari lebih dari 10.000 orang dewasa, yang merupakan bagian dari studi populasi yang disebut Tromso.

Bacaan Lainnya

Seperti dikutip dari Medical Dailly, menurut temuan yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE, orang yang aktif secara fisik memiliki toleransi yang lebih baik terhadap rasa sakit jika dibandingkan dengan mereka yang tidak banyak bergerak.

“Menjadi atau tetap aktif secara fisik dari waktu ke waktu dapat bermanfaat bagi toleransi rasa sakit Anda. Apa pun yang Anda lakukan, hal terpenting adalah Anda melakukan sesuatu,” kata penulis studi Anders Arnes, dari Rumah Sakit Universitas Norwegia Utara.

Studi sebelumnya juga menunjukkan bahwa melakukan aktivitas fisik dapat membantu mengurangi atau mencegah rasa sakit kronis dengan meningkatkan toleransi rasa sakit. Namun, studi tersebut memiliki keterbatasan karena berfokus pada kelompok kecil orang.

Komentar Facebook

Pos terkait