Pemprov Sulut Bakal Siapkan Resi Gudang Kopra Petani

Rapat koordinasi terkait kopra (foto : Ist)

MANADO, DetikManado – Anjloknya harga komoditi kopra yang belakangan ini menjadi perhatian sejumlah kalangan, membuat Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, terus mencari solusi untuk mengangkat kembali harga kopra.

Wujud keseriusan pemerintah Provinsi dibuktikan dengan dilaksanakannya rapat koordinasi terkait kopra, yang dipimpin langsung Wakil Gubernur Drs. Steven O.E. Kandouw, Senin (03/12/2018) di Ruang Rapat Wakil Gubernur.

Pada rapat tersebut Wagub Kandow menjelaskan posisi Pemerintah yang tidak dapat mengatur atau mengintervensi harag kopra, karena harga komoditi unggulan masyarakat sulut ini, diatur oleh pasar dunia, sementara kopra hanya merupakan komoditas subtitusi sebagai bahan baku minyak goreng.

“Harga kopra turun hingga 623 dollar per metrik ton pada September 2018. Jadi ini bukan permainan pasar tetapi memang terjadi di seluruh dunia,” jelas Kandouw.

Kandow juga menjelaskan, Gubernur Olly Dondokambey, SE sangat peduli dengan nasib ribuan petani kelapa di Sulut hingga mengutusnya ke negara kincir angin Belanda khusus untuk mencari informasi tentang sering berfluktuasinya harga kopra ini. Karena 70 persen pasar kopra dunia dikelola di Rotterdam.

Komentar Facebook