Peringatan Hari Pers Nasional 2021, PMKRI Tondano: Usut Tuntas Kekerasan Jurnalis

Bendera PMKRI Cabang Tondano Santo Paulus. (Foto: Ist)

Tondano, DetikManado.com – Hari Pers Nasional (HPN) tanggal 9 Februari 2021, diperingati sebagian besar kalangan wartawan maupun jurnalis di Indonesia. Walaupun di tengah pandemi, peringatan HPN tersebut diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kebebasan pers di Indonesia.

Peringatan HPN juga mendapat tanggapan dari organisasi mahasiswa yakni Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Tondano Santo Paulus.

Bacaan Lainnya

Ketua Badan Semi Otonom (BSO) Riset, Informasi dan Pers PMKRI Tondano, Joni Way menjelaskan kebebasan pers akan memunculkan pemerintahan yang cerdas, bijaksana dan bersih.

Baginya, melalui kebebasan pers masyarakat akan dapat mengetahui berbagai peristiwa, termasuk kinerja pemerintah, sehingga muncul mekanisme check and balance, kontrol terhadap kekuasaan dan masyarakat sendiri.

“Karena itu, media dapat dijuluki sebagai pilar ke empat demokrasi, melengkapi eksekutif, legislatif, dan yudikatif,” kata Way yang juga merupakan mahasiswa di jurusan Pendidikan, Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) FIS Unima ini.

Komentar Facebook

Pos terkait