Kejati Sulut Gelar Penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2018

MANADO, DetikManado.com – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati), Sulawesi Utara (Sulut), M. Roskanedi SH, membuka secara resmi Kegiatan penyusunan laporan keuangan Kejaksaan RI Tahun 2018 Sentra Sulut, selasa (29/1/2019), di Hotel Sintesa Peninsula Manado.

“Laporan Keuangan Kejaksaan RI Tahun 2018 merupakan Laporan yang mencakup seluruh aspek keuangan yang di kelola oleh entitas pelaporan Kejaksaan termasuk di dalammya jenjang struktural di Kejaksaan seperti eselon I, Kejati, Kejari dan Cabang Kejari yang bertanggung jawab atas anggaran yang diberikan,” tutur Roskanedi dalam sambutannya.

Tahun 2018, sambung Roskanedi, merupakan tahun keempat penyusunan laporan keuangan berbasis aktual oleh pemerintah, dan tahun ketiga untuk laporan berbasis Web dengan sistem E-Rekon.

“Laporan Keuangan yang disusun oleh Kejaksaan RI terdiri dari lima laporan yaitu Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas, Neraca dan Catatan Atas Laporan Keuangan,” jelasnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan keuangan BPK RI pada tahun 2018 atas laporan Keuangan Kejaksaan RI tahun 2017, BPK RI telah memberikan opini Wajar TanpaPengecualian (WTP).

Roskanedi juga menambahkan, Kejaksaan RI akan tetap terus berusaha maksimal untuk meningkatkan penyajian kewajaran informasi keuangan dalam laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntasi Pemerintah, efektifitas sistem pengendalian intern, ketaatan pada peraturan perundang-undangan, serta pengungkapan yang cukup.

Di akhir sambutannya, Kajati meminta kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan tersebut dengan sepenuh hati, dan bertanggung jawab sehingga dapat menyusun laporan keuangan tahun 2018 sampai selesai dengan baik.

Komentar Facebook