Tatong Sampaikan Ini saat Buka Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City Kotamobagu

Kotamobagu, DetikManado.com – Wali Kota Ir Hj Tatong Bara menyampaikan sejumlah poin penting, terkait dengan program smart city atau kota cerdas di saat membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) Tahap I Penyusunan Masterplan Smart City Kota Kotamobagu, di aula Rumah Dinas (Rudis) Wali Kota Kotamobagu pada Senin (3/7/2023).

Tatong mengatakan, masterplan smart city atau rencana induk kota cerdas, merupakan dokumen perencanaan pembangunan dan pengembangan kota cerdas berisi inisiatif-inisiatif program beserta peta jalan, yang disusun berdasarkan permasalahan yang muncul untuk memberikan solusi secara umum.
Diketahui, Kota Kotamobagu telah terpilih di antara 50 kabupaten/kota di Indonesia yang masuk dalam program Gerakan Menuju Smart City Tahun 2023 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Setelah masuk dalam program tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu kemudian melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU), dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada 2022.

Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan MoU dimaksud, pihak Kemenkominfo pun mengagendakan pelaksanaan Bimtek Tahap I Penyusunan Masterplane Smart City di Kota Kotamobagu, di mana narasumber pada kegiatan ini adalah tim ahli dari Ditjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo.

Di awal sambutannya, Wali Kota Tatong Bara mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Kemenkominfo yang telah mengagendakan pelaksanaan bimtek tahap I tersebut di Kota Kotamobagu.

Menurut Tatong lagi, masterplan smart city atau rencana induk kota cerdas merupakan dokumen perencanaan pembangunan dan pengembangan kota cerdas berisi inisiatif-inisiatif program beserta peta jalan, yang disusun berdasarkan permasalahan yang muncul untuk memberikan solusi secara umum.

Komentar Facebook