Bahas DI Dakota, Kadis PUPR Dampingi Pj Wali Kota Kotamobagu Audiens dengan Kepala BWSS I

Kadis PUPR Kotamobagu Claudy Mokodongan (kedua dari kanan) mendampingi Pj Wali Kota Asripan Nani saat beraudiens dengan pihak BWSS I, terkait DI Dakota.(Foto: Istimewa)

Kotamobagu, DetikManado.com – Guna membahas tentang Daerah Irigasi (DI) Dataran Kotamobagu (Dakota), Kadis PUPR Claudy Nusi Mokodongan ST ME mendampingi Pj Wali Kota Kotamobagu Dr Drs Hi Asripan Nani MSi beraudiensi dengan Kepala BWSS I pada Rabu (31/1/2024).

“Jadi ada beberapa lahan pertanian yang ada di DI Dakota kondisi lapangannya sudah tidak sesuai dengan RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) Kotamobagu. Jika sebelumnya di RTRW tercantum lahan pertanian, maka kenyataan sekarang sudah beralih menjadi permukiman,” kata Claudy Mokodongan.

Perubahan kondisi lapangan di DI Dakota itu, lanjut Emba –sapaan akrabnya, dapat dilihat di beberapa titik di Kecamatan Kotamobagu Timur maupun Kecamatan Kotamobagu Selatan. “Dulunya lokasi-lokasi itu lahan pertanian, tetapi sekarang sudah menjadi kawasan permukiman,” sebutnya.

“Karena kondisi lapangan sudah berubah, tidak sesuai lagi dengan yang tertera dalam RTRW, maka perlu dilakukan revisi terhadap RTRW. Kita di daerah (maksudnya Pemkot Kotamobagu), tidak bisa serta-merta melakukan perubahan atas RTRW, tetapi harus dikoordinasikan dengan pihak Kementerian PUPR,” terang Emba.

Komentar Facebook