Gubernur Lemhanas Beri Kuliah Umum di Unsrat, Bahas Landscap Geopolitik Indonesia

Gubernur Lemhanas RI, Andi Widjajanto SSos MSc PhD bersama Rektor Unsrat Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie M Eng IPU sata pelaksanaan kuliah umum, Selasa (6/6/2023), di kampus Unsrat.

Manado, DetikManado.com – Gubernur Lemhanas RI, Andi Widjajanto SSos MSc PhD, Selasa (6/6/2023), memberikan kuliah umum di kampus Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado. dalam kuliah umum itu, Andi bicara soal Kompetisi Hegemoni, Pancasila & Indonesia.

Dalam paparannya di depan para mahasiswa dan dosen Unsrat, Andi Widjajanto membahas lanskap geopolitik Indonesia mengahadapi kekuatan bertahan Amerika Serikat di utara dan kekuatan ekspansif Cina di selatan. Menurutnya, Indonesia harus memiliki kemampuan sendiri yaitu tidak berpihak ke utara maupun ke selatan.

Bacaan Lainnya

“Menghadapi berbagai tantangan global Indonesia mengembangkan geopolitik berbasis Pancasila. Di mana Indobesia bukan negara agama, bukan negara ateis dan juga bukan negara sekuler,” ujarnya.

Dia mengatakan, masa depan Indonesia menjadi negara maju dan besar antara lain ditentukan bagaimana membangun kualitas demokrasi yang menjamin hak asasi manusia dan toletansi beragama.

Komentar Facebook

Pos terkait